Selasa, 07 Agustus 2012

Sekilas tentang Intranet

Sekilas tentang Intranet

Intranet merupakan konsep LAN yang mengadopsi tekhnologi internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Selain itu intranet bisa didefinisikan sebagai LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, yang dapat diibaratkan berinternet dalam lingkungan local. Pada umumnya, juga terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan internet lainnya (Internetworking) melalui backbone internet.
Intranet dapat diartikan jaringan informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet atau dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi atau perusahaan. Biasanya akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawanperusahaan tersebut.

Intranet berfungsi mengkomunikasikan computer yang satu dengan yang lain, mirip seperti internet tetapi layanannya terbatas, tidak seluas dan seberagam internet.
Kegunaan intranet pada perusahaan biasanya untuk pembagian kalender / jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar.
Tekhnologi yang digunakan untuk membangun intranet seperti client-server dan protocol internet contohnya HTTP dan FTP.
Keuntungan penggunaan intranet :
• Produktivitas kerja
• Efisiensi waktu
• Komunikasi
• Sistem publikasi web
• Efektivitas biaya
• Keseragaman informasi
• Meningkatkan kerjasama
Kelemahan penggunaan Intranet :
• Informasi yang salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektivitasnya
• Interaksi di internet yang memungkinkan tidak bertanggung jawab
• Perrlu pelatihan khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
• Perlu tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
• Bisa terjadi overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak terkontrol dengan baik
Pada dasarnya perangkat lunak yang digunakan pada intranet tidak jauh berbeda dengan internet. Intranet digunakan web, email, dll seperti yang digunakan di internet. Yang menarik dari sisi lain adalah sisi materi / content yang dibawa oleh intranet tsb. Misalnya pada tingkat yang sederhana mungkin intranet akan sangat terasa manfaatnya jika e-mail internal kantor diaktifkan. Email yang dilengkapi mailing list sangat membantu untuk melakukan kooordinasi antar bagian secara fleksibel dan mengurangi rapat-rapat yang sering kali melelahkan.
Web dengan perangkat database dibelakangnya, biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama:
1. Membuat kantor / institusi menjadi semakin efisien. Pendekatan yang dilakukan biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis web & database.
2. Membuat kantor / institusi menjadi semakin kompetitif di dunianya, misalnya jika memungkinkan menjadi pemimpin dalam usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika kita dapat mengolahnya secara baik, baik dari SDM (sumber daya manusia) & SDP (sumber daya pengetahuan) yang ada pada internal kantor tsb. Ilmu / konsep yang berkaitan dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana kita melakukan percepatan prose daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit.

sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/1834179-kegunaan-intranet/#ixzz1ITgcbcDe

0 komentar:

Posting Komentar